Rabu, 17 Februari 2016

PENELITIAN IKAN NILA

PENGARUH PAKAN BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN
SINTASAN IKAN NILA ( Oreochromis niloticus ) DI TAMBAK
Hardin
Program Studi Perikanan, Jurusan Budi daya Perairan
Pembimbing I Bapak Abdulah Soleman dan Pembimbing II Bapak Muslim Hi. Salim

ABSTRAK

     Ikan Nila ( Oreochromis niloticus ) pertama ditemukan di perairan Afrika dan Palestina.  Di Benua Amerika banyak ditemukan di daerah Amerika Tengah dan Selatan, sedangkan di Asia berkembang pesat di India Selatan dan Srilanka, tapi sekarang telah menyebar hampir di seluluh dunia.

    Hasil penelitian menunjukan bahwa pakan yang memberikan pertumbuhan rata - rata terbaik terhadap ikan nila ( Oreochromis niloticus ) adalah pakan pellet berada diperlakuan A yaitu sekitar 146,93 gram, kemudian diikuti pakan mie afkir pada perlakuan B sekitar 117,98 gram dan sementara itu, pakan yang memberikan pertumbuhan terendah adalah pakan fermentasi ampas tahu diperlakuan C sekitar 103,05 gram.
Kata Kunci: Pakan, Ikan Nila, Pertumbuhan, Sintasan

PENDAHULUAN
     Halmahera Selatan merupakan daerah kepulauan yang memiliki luas laut sekitar 78 % dan 22 % adalah daratan dengan potensi perikanan yang cukup menonjol baik dari sektor penangkapan maupun budi daya. 
     Kelangsungan hidup dan pertumbuhan ikan nila ( Oreochromis niloticus ) tergantung dari komposisi gizi pakan yang lengkap dan memiliki kualitas yang baik.  Pelet sebagai pakan utama dengan kandungan nutrisi sekitar 20 – 27% sangat layak terhadap laju pertumbuhan ikan nila, sementara pakan tambahan mie afkir dengan kandungan nutrisi 11,4% dan fermentasi ampas tahu 19,03-21,51% juga berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan nila ( Oreochromis niloticus ).  Oleh karena itu, apabila ketiga jenis pakan ini dikombinasikan maka akan memberikan pertumbuhan yang optimal bagi pertumbuhan ikan.     
    Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pakan buatan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan sintasan ikan nila (Oreochromis niloticus ) serta mengetahui pakan mana yang memberikan pertumbuhan lebih baik terhadap ikan nila         (Oreochromis niloticus ).

1 komentar: